Sparkly Smiley Star

Rabu, 15 Februari 2017

3. COLAE SEMEN


Nama Lain                              : Biji kola

Nama Tanaman Asal               : Beberapa spesies cola: Cola Nitida dan Cola acuminate (Schott et.                                                         Endl.)

Keluarga                                  : Sterculiaceae

Zat Utama/Isi                          : Kofeina, sebagian bebas dan sebagian terikat dengan zat penyamak sebagai kolatin dan kolatein Theobromina, zat penyamak, kolalipase,kolaoksidase, zat warna merah kola

Penggunaan                            : Minuman yang menyegarkan seperti halnya dengan teh, kopi, guarana dan lain-lainnya karena berisi kofeina

Sediaan                                   : Cola Extractum – F.I

Bagian Yang Digunaka            : Keping biji dan inti biji

Pemerian                                  : Bau lemah, rasa pahit dan sepat

Penyimpanan                          : Dalam wadah tertutup baik

Cara pengolahan                     :
 a. Obat sakit kepala
     Dipakai ± 5 gram biji kola,disaring dan ditumbuk sampai halus,
     Diseduh dengan ½ air panas,kemudian disaring,lalu diminum.
 b. Biji kola dibuat menjadi minuman yang menyegarkan
 c. Biji kola dibuat menjadi infus dengan memanaskan pada suhu

Waktu panen   :

Tanaman kola mulai berbuah pada umur 5-6 tahun, akan tetapi setelah berumur 2 tahun tanaman ini akan menghasilkan buah yang banyak. Tanaman ini mempunyai dua musim berbuah setiap tahunnya yaitu bulan Mei-Juli dan November-Januari. Buah kola bulat memanjang, berukuran  panjang  8-15 cm, diameter 5-9 cm, , berkulit tebal dengan permukaan berbenjol-benjol tergantung pada tangkai pendek terdiri dari beberapa buah yang membentuk bintang. Buah masak  ditandai dengan perubahan berangsur-angsur warna kulit buah dari hijau muda menjadi hijau tua lalu kuning dan dapat membelah pada satu garis membujur.


Panen buah dilakukan dengan memotong tangkai buah yang telah matang dengan parang yang dikaitkan pada ujung galah. Buah yang telah dipetik dibelah kemudian bijinya dikeluarkan lalu direndam dalam air selama 24 jam agar  selaput bijinya lepas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar